Selasa, 02 November 2010

persyaratan CPNS

ijasah gw blm keluar, tapi penerimaan CPNS udah makin marak...gw makin kuatir gw gak kebagian jatah tahun ini....jadi buat jaga2, gw melaksanakan syarat2 yang biasanya diperlukan buat daftar CPNS

syarat syarat yang diperlukan diantaranya adalah
1. Surat Kuning
2. SKCK
3. Surat Sehat dari Puskesmas
4. Surat Bebas Narkoba
5. Surat Bebas Buta Warna

yang gw kejar adalah Surat Kuning dan SKCK...persyaratan buat bikin surat kuning cukup gampang yaitu:
1. Foto 1 lembar 3x4
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi Ijasah atau Surat Keterangan Lulus
udah, dan lo akan dilayani dengan epat di dinas tenaga kerja Pemda setempat. gw cuma 5- 15 menit. gratis...tapi lo akan disuruh bayar 5000 pas fotokopi legalisir.

selain itu, yang gw kejar adalah SKCK. ini yng paling susah bagi gw. persyaratannya dimulai dari RT/RW sampe ke Polres Setempat. langkahnya
1. lo ke Pak RT minta surat pengantar ke kelurahan. lo cuma butuh KTP asli disini.
2. setelah itu ketempat Pak RW buat ditanda tangan (gak perlu, gw bisa tanpa pak RW)
3. di kelurahan lo perlu fotokopi KTP, foto 3x4, dan PBB asli (disini bayar 10rb)
4. setelah surat keluar, lo bisa langsung ke Kecamatan bagian Trantib, minta cap(disini dia minta seiklasnya, gw kasih goceng)
5. lo ke Polres setempat. di polres lo perlu foto 4x6 3 lembar, 3x4 3 lembar, Ijasah/Surat Keterangan lulus, fotokopi KK, surat dari kelurahandan kecamatan dan lo akan diminta biaya sebesar 10.000 rupiah. SKCK akan keluar esok harinya.
6. fotokopi dan legalisir. 1 legalisir seribu. total Rp. 10.000. gw saranin lo fotokopi ditempat lo ngurus SKCK lo. knp?karena di kertas foto kopian dia, udah dicap. jadi tinggal tanda tangan tu tukang legalisir. ini mempermudah lo.

untuk poin 5, sebenarnya tergantung dari polres setempat. nah, di poin 5 ini gw memiliki masalah. pas gw disana, gw gak bawa KK. alhasil, gw main calo. total buat di poin 5 gw habis 40rb (blm termasuk biaya fotokopi). sebenarnya seh 45rb, tapi karena calonya kasian liat gw yang udah gak punya duit sama sekali, bahkan buat legalisir sekalipun, dia memberi pengurangan biaya. klo lo mau hari itu juga jadi, lo bs main calo juga, dengan biaya 30rb. ini berdasarkan kenalan gw disana(namanya Dewi, Bidan. anaknya manis, pake jilbab pula..hohoho)

klo buat narkoba, sehat, dan buta warna gw blm ngurus. surat itu adalah yang poin2 terakhir, jadi bs gw belakangin...Insya Allah..

ya udah, itu aja dulu...ntar gw mungkin lebih sering nulis disini...oke?see u All

Tidak ada komentar:

Posting Komentar