Rabu, 20 Juni 2012

7 Hal Yang Membuat Pekerjaan Impian Menjadi Neraka

memiliki pekerjaan yang sesuai dengan cita cita dan hobi tentu tidak dimiliki oleh semua orang. tapi mendapatkan pekerjaan impian bukan lantas menjadikan pekerjaan itu menjadi mudah untuk dijalankan. berdasarkan pengamatan gw, ada nih beberapa hal yang membuat pekerjaan menjadi lebih sulit dari yang dibayangkan. apa aja? ini dia ulasannya

1. Bos yang gak mau di kasih tahu

Bos adalah atasan kita. dia biasanya gak mau dengerin kita ngomong apa. padahal, apa yang kita omongin adalah hal yang baik. CEO kantor gw berusia muda. lahir langsung kaya dan diusianya yang baru menginjak 30 tahun, dia udah memiliki beberapa perusahaan, pendapatan beberapa M dalam kurun waktu 1 kuartal dan bisa menjalankan bisnis konstruksi, media, dan properti. kelemahannya adalah, dia gak mau dengerin anak buahnya.



pernah satu kali PR nya cerita ke gw "Bos kita tuh ya, kalo gw ngomong dia selalu bilang 'tahu apa kamu. kamu sama saya tuaan saya. saya lebih ngerti semuanya' padahal, coba lihat sekarang, acaranya yang harusnya dah setengah jalan prosesnya, jadi tersendat" keluhnya. tipe bos yang kayak gini nih yang bakal menghambat kemajuan perusahaan juga bawahannya.

2. kebanyakan bos
ini gw banget. di kantor, bisa dibilang gw punya 4 bos dengan kepentingan dan egonya masing-masing. pernah 1 kali, gw dinas keluar kota. pas malam terakhir, tahu2 gw disuruh melakukan tugas lain oleh bos A di kota tersebut. gw komplain lah ke bos B dengan alasan yang jujur, gw dah janji dengan keluarga gw, gw mau pulang. bos B oke, tapi rupanya bos A gak mau dan tetep maksa gw ngerjain titahnya. oke, baru mau nurut. tau2 bos C gw bbm dan nanya pekembangan dinas gw dan kaget pas tahu kalau gw disuruh liputan acara lain. Bos C melarang gw liputan dan minta liputan hal lain. hal lain tersebut dibawah pimpinan bos D, dan bos D melarang gw melakukan apa yang diperintahkan bos C. gw bingung. gw sterss. dan akhirnya gw ngomel dan wow, batre bb gw mati!!! Tuhan memang gak penah suka klo gw marah kayaknya.



pas BB mati gw ambil napas panjang dll, dll. akhirnya bos C email gw kalo gw gak perlu melakukan apa yang dititahkan bos A, dan melupakan tugas yang udah dia berikan kepada gw yang dibawah bos D. ribet yah? banget. syang, itu bukan kasus yang pertama dan juga bukan yang terakhir.drama masih berlanjut.

3. Bos yang 'sakit'


bos itu selalu semana mena. kita kerja bener, dianggap salah. kita kerjain sesuatu sesuai jalur, dibilang lambat. tapi kalau ada masalah, secuil aja dia bakal marah besar. kayak misal bos lo suka kopi dengan 3 sendok gula, di aduk kearah kanan 3 kali dan ke kiri 2 kali dan ditiup oleh 3 perawan yang berbeda. dan tau-tau lo ngaduknya salah jadi 2 kali ke kanan dan 3 kali kekiri kemudian beliau ngamuk sampe bawa bawa piso dapur atau surat pemecatan siap ditangan. gw rasa, itu bos lo sakit.

mungkin pekerjaan ini bisa ditemui oleh OB atau sekertaris. waspadalah.

4. persaingan tidak sehat
berita bagus selalu menjadi rebutan. apapun itu. gw mengalaminya. udah berkali-kali gw mau liputan. tau-tau cancel atau diganti sama orang lain di last minute. hal yang biasa lama-lama, tapi sakit hati juga sih.

5. kebanyakan rotasi


rotasi kadang diperlukan untuk menghlangkan kejenuhan. namun kalau lo menjalankan sesuatu yang dari 0, bener-bener 0 lalu pas yang 0 itu mulai berkembang di jalan yang benar dan tinggal enaknya aja, abis itu lo dengan elegannya dirotasi kesesuatu yang bener-bener 0 lagi, apa rasanya? sakitkan? gw sering, dan itu, menyakitkan. apa lagi kalau yang udah lo bangun itu, tiba tiba terbengkalai akibat yang ngurusin pekerjaan lo itu, aras-arasen.

6. ketidakjelasan status


status lo apa? perjanjiannya bagaimana? sebenarnya hal tersebut merupakan persyaratan yang wajib untuk diperhatikan.namun, dibeberapa perusahaan tampaknya itu suka dilupakan. selama bekerja, gw gak tahu tuh status gw tetap atau apa. sampe sekarang, gw belum pernah tanda tangan apapun. bahkan di perusahaan gw bekerja, sangat mudah untuk mecat orang, tanpa pesangon dan aba-aba pula. biasanya kalau perushaan mau mecat, di SP dulu sampe 3 kali, abis itu pecat. itupun kudu 1 bulan pemberitahuan. klo kantor gw, pecat mah pecat aja.

7. karir yang tidak menentu


pekerjaan impian pasti kita bakal langsung okein. namun, kalau ternyata gak ada jenjang karir yang jelas, buat apa? lo mau kayak gini gini aja tanpa ada kemajuan baik ilmu dan gaji? gw rasa enggak. semua orang pasti mau yang namanya berkembang.

hmm, sebenarnya masih banyak yang bisa kita bahas. namun itu mungkin nanti untuk bahan berikutnya. pokoknya, itu adalah hal hal yang membuat pekerjaan impian, menjadi neraka. semoga, lo gak mengalaminya. enjoy and love your job.

see ya

3 komentar:

  1. jadi intinya lakukan pekerjaan itu dengan ikhlas dan semoga menjadi ibadah yang baik.

    BalasHapus
  2. Tapi kenapa tak ada homuzu karuto desto atau homuzu naruto desto ya...?
    Atau yamaboyakjonoto nya juga?

    BalasHapus
  3. 青子「ネクストコナンズヒント!」
    コナン「お金!」
    コナン「次回はお金にもそのまま!」
    青子「お金にも姿を探してるわ」
    コナン「姿を探して?」

    BalasHapus