Sabtu, 29 Maret 2014

5 Hal Aneh di The Raid 2 : Berandal



The Raid 2 masih baru diluncurkan, dan sudah banyak pembahasannya. dan saya pun juga mau membahas film ini. tapi, saya ingin melihat dari sisi yang lain yaitu dari bagian-bagian yang 'enggak banget' di film ini. bukan, bukan karena ceritanya yang kurang bagus, tapi adegan-adegan yang menurut saya dipaksakan.

1. Penjara




Saya gak tahu ya ini ada dipenjara mana. saya belum pernah masuk penjara. namun kalau menurut saya, penjaranya bukan Indonesia banget. lapangannya terlalu kecil dan isinya lumpur doang. settingannya lebih kayak penjara-penjara yang ada diluar negeri, jauh dari ekspektasi saya yang seperti penjara Cipinang.  uniknya, walau berantem kayak apa, beberapa pemain utamanya, mukanya bersih, gak kena lumpur. selain itu, makannya juga terlihat terlalu enak ya?

2. Ada Salju di Cikini




Entah kenapa, saya merasa yakin kalau ini ada Cikini. tapi kalau salah ya maaf. hehehe... ini adalah adegan dimana Prakoso yang diperankan oleh Yayan Ruhian, pemeran mad dog di The Raid : Redemption, mati. seru perkelahiannya, satu lawan banyak. Dalam kondisi dikeroyok, dia masih bisa nyaris menang. seru! tapi ketika dia keluar pintu untuk kabur, langsung drop nontonnya karena ada Salju. ada salju tapi ada yang jualan lotek ayam. agak-agak gimanaaaa gitu....

adanya salju emang memperlihatkan adanya hujan darah dari Prakoso, tapi adegan hujan salju di settingan wilayah tropis, kayaknya enggak banget.

3. Orang Penting Naik KRL




Adegan ini adalah ketika hummer girl yang diperankan oleh Julie Estelle melakukan adegan pembunuhan di kereta. aneh yang pertama adalah si hummer girl bisa naro tas di kursi sebelahnya sementara ada penumpang lain yang berdiri. setahu saya, kehidupan di kereta itu keras. kursi adalah hal yang mahal.

selain itu, orang yang bisa bayar pengawal banyak, kenapa malah gak bisa beli mobil? kenapa harus naik KRL? belum lagi pengawalnya malah pake jas sementara bos nya cuma pake jaket. dan jarang ada orang pake jas naik KRL.

4. Sedan di Kebun Tebu



emang sih ini agak gak penting. tapi buat saya yang sering bahas mobil, ini tidak mungkin luput dari perhatian. jalan di tengah kebun tebu, pasti gak mungkin rata. menggunakan sedan, khususnya dari kelas premium,pasti kurang mumpuni untuk ke jalan ini. Penggunaan SUV mungkin lebih terlihat masuk akal meski kesan mewah akan sedikit berkurang.

5. Rawamangun, Senayan, Kemayoran dan mobil ancur yang masih bisa jalan.



Cerdas saat tahu Eka, yang diperankan Oka Antara mengemudikan mobil dengan trasmisi otomatis. dengan kaki kiri ketembak, dia emang gak mungkin neken kopling. tapi adegan dijalannya, bagi sebagian orang itu bikin ketawa. soalnya mereka kejar-kejaran di bawah fly over rawamangun, terus tiba-tiba kejar-kejaran berubah ke senayan dan berubah lagi di Kemayoran. terus berubah lagi ke SCBC dan Kemayoran lagi, bolak balik

Adegan ini nyaris gak mungkin terjadi, soalnya jaraknya jauh banget dan kondisi jalannya macet total. gak mungkin bisa kejar-kejaran sambil tembak tembakan dimari. selain itu, mobil yang dikemudikan Eka tuh udah ancur banget, kok ya bisa gitu masih jalan dengan kondisi begitu.

well, untuk adegan ini mungkin gak terlalu penting di lokasinya, tapi buat saya dan beberapa teman saya, ini agak menjadi bahan tertawaan. 

ya itu adalah hal-hal aneh yang ada di the raid 2 : Berandal. kalau mau menikmati filmnya, mungkin bukan dari sisi settingan ataupun cerita, tapi dari sisi actionnya. actionnya, emang keren. selamat nonton buat yang pengen nonton banjir darah disini.

foto:berbagai sumber

21 komentar:

  1. Latar penjara itu di Indonesia bro. Itu Benteng Van Der Wijk di Gombong.
    Gareth Evans itu penyuka komik. Dan film The Raid ini adalah film yang merupakan cerita khayalannya dia. Bukan cerita di Indonesia atau negara lainnya. Tapi ini di negari khayalnya Gareth Evans.
    Masalah kereta, mobil di ladang tebu dan jalan di jakarta sih gausah terlalu besar-besarkan sih. Overall film ini luar biasa!

    BalasHapus
  2. Setuju, ini bukan cerita di indonesia tapi ini di negri entah berantah.. keren!!

    BalasHapus
  3. Namanya Film, bisa aja menampilkan setting khayalan sutradara..ga mesti sama dgn realitas..gak perlu dibesar-besarkan..overall keren kok filmnya


    BalasHapus
  4. Namanya juga film gak mungkin dong dia kejar-kejaran cuma disatu lokasi. Kalo nonton film holiwood juga dia kejar2an gak cuma disatu lokasi. Mungkin karna baru ada kali adegan action yg kaya gini jadi kita masih ngerasa aneh

    BalasHapus
  5. Yg aneh endingnya. Kesannya malah genknya Jepang yg Terima hasil dr seluruh konflik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa gak aneh bung, dalam keadaan nyata kita sering di adu domba saling baku hantam, dan kenyataannya yg menang dan bertepuk tangan malah tetangga sebelah. memang miris sih

      Hapus
  6. " tapi adegan hujan salju di settingan wilayah tropis, kayaknya enggak banget." ---> salju di puncak jaya wijaya (papua. WILAYAH NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA) apa kabar? :P

    BalasHapus
  7. Wah Adi Hidayat sepertinya jarang nonton film nih dan nonton the raid 2 cuma euforia aja. kalo sering nonton dan memperhatikan banyak film pasti ga akan komentar seperti hal2 di atas.
    sekalian aja komentari adanya sosok hammer girl atau lainnya yang sepertinya ga mungkin ada di jakarta ini. :)

    BalasHapus
  8. serius bro Adi Hidayat ini hal2 yang bisa lo komentarin? kayak orang yg gak pernah nonton film aja... hahahaha.. kalo masalah salju oke lah banyak orang yg bingung, walaupun dsitu jelas menggambarkan (1) metaphor, dan (2) fakta bahwa ini film khayalan yang dari awal the raid pun gak pernah dibilang kalo berlokasi di jakarta/indonesia/manapun yang kita tahu... tapi kalo yg lo komentarin adalah masalah lokasi kemayoran-senayan, hehehehehe.... lo gak mau sekalian ngecek tuh epy kusnandar masih ada di kolam deket bandara cengkareng gak?

    BalasHapus
  9. mobil ancur bisa jalan itu sesuatu yang wajar dalam kategori film action... ini penulis belum pernah menonton film action hollywood dimana kondisi mobilnya lebih ancur dari film ini tapi masih bisa jalan??

    orang pakai jas di KRL, sesuatu yang wajar untuk sutradara yang notabene bukan orang indo, di luar negeri orang-orang kantoran berjas itu naek kereta rata-rata, karena kendaraan pribadi itu sesuatu yang mewah.. contoh : singapore/japan, so it's nothing uncommon bro

    BalasHapus
  10. ah. kalian terlalu realisistis memandang sebuah film yang memang cuma fiksi...

    BalasHapus
  11. bukan salju itu tp abu vulkanik gunung sinabung,,, hihiihih

    BalasHapus
  12. The movie background is Merantau Universe - despite of mentioning Menteng, Sabang, Tanah Abang - they never mentioned where was the location. Boy, travel around -- see some other universe, then write :)

    BalasHapus
  13. Hello ...
    Please deh!!! " Cerdas saat tahu Eka, yang diperankan Oka Antara mengemudikan mobil dengan trasmisi otomatis. dengan kaki kiri ketembak, dia emang gak mungkin neken kopling. tapi adegan dijalannya, bagi sebagian orang itu bikin ketawa. soalnya mereka kejar-kejaran di bawah fly over rawamangun, terus tiba-tiba kejar-kejaran berubah ke senayan dan berubah lagi di Kemayoran. terus berubah lagi ke SCBC dan Kemayoran lagi, bolak balik

    Adegan ini nyaris gak mungkin terjadi, soalnya jaraknya jauh banget dan kondisi jalannya macet total. gak mungkin bisa kejar-kejaran sambil tembak tembakan dimari. selain itu, mobil yang dikemudikan Eka tuh udah ancur banget, kok ya bisa gitu masih jalan dengan kondisi begitu.

    well, untuk adegan ini mungkin gak terlalu penting di lokasinya, tapi buat saya dan beberapa teman saya, ini agak menjadi bahan tertawaan."

    berharap the raid 2 kaya siaran berita gitu ya bung ? REALISTIS gitu ?
    FILM VS HEAD LINE NEWS ? Anoying ...

    BalasHapus
  14. kalau tahu tentang hal ini jadi seperti film komedi ya Raid itu

    BalasHapus
  15. CACAD LO GOBLOK yang nulis ini sumpah Otaknya ga ketaker, RENDAH amat wkwkwkkwwkwkwk, GUA YAKIN MALU banget nih yg nulis, mending lo aja bang yg bkin film ! Sutradaranya elu tapi ntar pas berak keluarnya EMAS ya wkwkw... Kalo kluarnya TAI ga seru bro ntar sama kaya yg nulis komenannya Kuning2 tai smua wkwkw. mending lo nonton SI DOEL anak BETAWIE aja bang wkwkkw Realistis tuh jadoel sama kaya L ! wkwkw

    BalasHapus
  16. pas adegan di KRL itu dia dapet inspirasi dari film GANTS 2 !! dimana musuh2 aliennya berwujud manusia yg Executive Class Style dengan menggunakan jas, dan persenjataan beraagam. So LU JANGAN NORAK ! film Movie itu ga ada yang bener2 REAL ! skalipun di ambil dri kisa REAL tetep di di modifikasi lgi agar lebih menarik ! NORAK LO TOLOL !

    BalasHapus
  17. FOTO LO AJA KAMPUNGAN ! NAJIS LO CUIIHH ! HHHHHHH~

    BalasHapus
  18. Najis lo. Dateng ke lampung kalo mau yg real. Hahaha

    BalasHapus
  19. ITU FILM DI BUAT BUKAN CUMA ORANG INDONESIA AJ YANG NONTON
    TP INTERNATIONAL
    KAYA LO KOMEN TENTANG BERANTEM DI JALANAN
    EMANG LO YG TAU LOKASI KETAWA SYUTING NY DI DAERAH MANA MODEL GUA N ORANG LUAR NEGRI YG NONTON MANA TAU ITU KEJAR" AN DI JLN MNA TRUZ DI TEMPAT APA

    BalasHapus