Kamis, 20 Mei 2010

kata penghulu itu...

Senin, gw lupa tanggal berapa tepatnya, gw dititahkan oeh kedua calon mempelai pria dan wanita untuk mncari penghulu tp sebelum itu, jempat bapak sang CMP di Bintaro...perjalanan gw mulai dengan survey tempat. gw musti ke kecamatan Makassar..kata Mas Fikri, sang Calaon Mempelai Pria, kecamatan Massar itu ada di deketnya SMA 48 pokoknya lurus aja.gw agak kurang ykin karena walopun dia kayak peta berjalan, tp tetep aja, dia orang Bintaro.jauh dari sini.dan berdasarkan informasi dari temen gw yang bernama Murni, katanya emang jalannya lempeng aja dari SMA 48...jujur gw lebih gak yakin karena Murni lebih parah soal jalan dibanding adik gw Siska..gw pun melihat peta...kejaiban terjadi, DIA BENAR!!!wow....gw pun langsung menyusuri jalan dengan motorku tercinta...48, lewat...jalan terus..nanya orang dan dapatlah kecamatan makassar entuh..hmmm, sebenarnya seh sering lewat sini, tp knapa gak ngeh ya?gw pun lanjutin perjalanan buat ngecek jalan, apakah jalan yng ada di otak gw dengan kenyataan sama....karena mestinya jalan tersebut mengarah ke Halim...dan iya lho, bener..malah gw langsung ketemu ma KUA nya..Alhamdulillah bgt....gw pun pulang dansmp rmh jam 10an lh..ambil mobil dan langsung jalan...

masuk Tol Cikampek, kok masih macet?sabar...masih kalem, masih jam setengah 11an...keluar tol Cawang dan masuk tol jagorawi...kecepatan gw gas pol..ambil paling kanan...pintu keluar Tman mini lewat..mestinya gw keluar tol Pondok Indah...ambil langsung JORR..dan gw ngerasa ane...kok sepi ya?radio pu gw nyalain dan mata gw lepas dari jalan...pas gw liat jalan lagi, gw udah liat pintu tol pondok indah itu udah didepan gw dan kecepatan gw masih 120 KM/Jam diposisi paling kanan..kampret....bablas gw..alhasil gw harus kluar di Cibubur dan masuk tol lagi...

pas masuk tol Jorr, kecepatan gak gw kurangi...120 dan dgn gaya gw yang seenaknya masih merajai jalan...mestinya gw keluar di pintu veteran, coz kampus II kan di Veteran...jauh...gw pun anteng..lebak bulus, hajar masih paling kanan..gw liat pintu tol...
"hmm, pondok aren bukan ya?kayaknya bukan deh"gw pun nyantai...tau2 gw liat kampus II Moestopo di kiri jalan. dan gw merasa di dahi gw ada tulisan "dungu" kampret, gw bablas lagi..mana juah bgt lagi keluar tolnya...rese...

akhirnya gw sampe rumah bapak jam 11.45an..bapak udah ke Masjid. gw pun nyusul...pas adzan, ternnyata bapak lho yang Adzan...paten...beda ma gw, adzan aja di dalam kubur..hahahaha

kita pun jalan dan crita ngalor ngidul etan kulon...dan gw baru tau, ternayata bapak udah siap dari pagi...hahahahaha.merasa tidak enak saya..

kita langsung ke KUA Kecamatan Makassar...jalan masuknya, sumpah sempit bgt...bener2 cuma buat 1 mobil...kita sampe jam 12 50an... masih istirahat, tp gak ngerti bapak gmn, tau2 bapak labgsung bisa ngurus ke penghulunya (harusnya ke administrasi dulu baru ke penghulu).ngobrol, serahin berkas, dan bikin janji.untuk tanggal yang kita mau, rupanya kita adalah pendaftar ke 14..damn it...tp alamulillah, kita masih bis dapet jam yang kita penengin..nyaris bgt... trus gak lama, kita baru ke administrasi. serahin berkas (lagi) dan ngobrol etan kulon lagi...beruntung ada bapak, jadi lebih enak, coz mereka menggunakan bahsa jawa..aku cuma ngerti aja...gak bisa jawab..hahahaaha..oya, disana gw selalu dikira sebagaCMP...
"oh ini CMPnya ya?"
yang selalu gw jawab dengan
"bukan, saya adiknya CMW...saya nkahnya tahun 2013. gak tau deh sama siapa, blm dapet neh calonnya"
..trus kita disuruh ke penghulu lagi setelah gw diserahin berkas2 yang harus diisi dan dikasih buku membuat keluarga sakinah.oke deh...mending dibaca ma mereka...lha wong mereka sibuk...
habis dari administrasi, kita kembali ke penghulu...nego harga...ni penghulu gak mau nyebut pasti harganya berap, jadi ya udh, gw kasih aja sekian...hehehehehe...trus data gw dicatat...di tulis sebagai wali dari CMP
"bisa baca arab gak?"
"hah?gak Pak..mang knp?
"ntar ente akadnya pake bahasa arab aja, biar keren"
"hah?!"shock...gw shock...akad pk bahasa Indonesia aja gw gak apal.gmn arab?"Indonesia aja deh Pak..."tawar gw
"ini teksnya"gw dikasih tulisan arab gundul....pucet gw ngeliatnya....yang pake tanda baca aja gw belepotan, gmn gundul?
"lewat deh pak"gw nyerah...akad neh, sakral, gw gak mau ada kesalahan apapun, sekecil apapun.mending nyerah daripada gak sah
"mana sih Di?"bapak ambil kertas yang gw pegang "ah gampang ini" trus bapak bacain bwt gw...kata2nya familiar dengan telinga gw..."udah nanti bapak bikinin latinya aja. km bacanya arab ma indonesia aja ya?"
"hah?iya deh pak"
"nah gt, kan keren klo ente pake arabnya juga..."kata penghulunya seneng...gw masih kicep...

dan akhirnaya bapak nanya,mengenai penataran(saat sebelum nikah, ada penataran dulu, memberi wejangan kepada kedua mempelai, mengenai kehidupan berumah tangga selain it juga ada imunisasi buat keduanya)
"keduanya tu sibuk pak, apa harus ikut?"
"iya harus. tp klo gak bisa, biar kerumah saya aja, terhainya kapan, tapi malem ya?jangan siang. ente taukan jalannya? tanya penghulu ke gwkebetulan emang alamat rumahnya dia gak jauh2 amad ma rumah gw
"bisa dicari pak"jawab gw yakin
"nah, y udah. gampang klo gt. gni pak, pentingnya penataran tuh, kdua mempelai akan diberikan penjelasan mengenai kehidupan berumah tangga"
"lho, itu kan bisa pas setelah akad ya pak?" tanya gw
"itu untuk yang umum" jawab Penghulu. "ini penataran buat yang khususnya..cuma mereka berdua yang tau. gt... ya dalam kehidupan berumah tangga itukan menggabungkan hidup 2 orang, nah dalam hidup manusia itukan gak pernah yang namanya luput dari lupa, dosa khilaf nah di penetaran itu lah semua dibicarakan. merekakan harus bsa menerima kelebhan dan kekurangan masing2. udah gak ada yang namanya sendiri sendiri tapi juga harus demi kepentinagn bersama. itulah yang harus dibicarakan ke mereka."

gw manggut manggut...dasrnya bagi gw itu umum. itu juga gw dapetin pas semester 2, bagaimana cara membuat keuarga sakinah. dasarnya itu juga bisa dilakukan baut orang yang pacaran, tp mungkin pacaran tuh maih lebih nyantai. gak cocok, ya udah putus aja...beda ma nikah...gak cocok bukan lantas talak bisa jatuh semudah itu... dasarnya gw emang merasa beruntung ngurus nikah Mbak Lis ini...banyak ilmu yang bisa gw dapatkan...hehehehe...oya, pas Penghulunya ngomong gt, ada cewek cantik berjilbab pula lewat DAN DIA NGELIATIN n SENYUMIN GW!!!hahahaha..pas gw inget2 lagi itu temennya Mbak Lis. setelah dikonfirmasi, ternyata bneer.hehehehe.....

y udahlah gt aja...semoga tulisan kali ini ada manfaatnya.amin see yu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar