Rabu, 10 Oktober 2012

Simon Baz Si Green Lathern Muslim Pertama

Green Lathern mungkin tidak seterkenal Batman dan Superman. Apalagi, Green Lathern memiliki banyak karakter. Berbeda dengan Batman atau Superman yang memiliki karakter pasti yaitu Bruce Wayne dan Clark Kent. Green Lathern cukup banyak mulai dari Alan Scott dan Hal Jordan. 

Namun, kita tidak membahas mereka berdua. Yang kita bahas ada pemeran baru di Green Latern yang baru baru ini dirilis oleh DC. Namanya adalah Simon Baz, seorang pria umur 20 tahunan. Yang unik, Baz adalah pria keturunan Arab beragama Islam. Simon Baz digambarkan sebagai pria yang berotot dan memiliki tato berbahasa arab yang berbunyi Al-Shuja’a yang artinya keberanian. 


Lantas, profil seorang Baz itu bagaimana? Sebagai awalan, Simon Baz diperkenalkan sebagai seorang anak yang menonton Tragedi WTC di TV pada tanggal 11 September 2011. Lalu ia pun tumbuh dewasa dengan beragam kejahatan dalam catatan kepolisian. Padahal sebelum menjadi pecuri mobil dan doyan balapan liar, Baz adalah seorang pekerja di perusahaan otomotif mobil. 

Nah, terus dia dapetin cincinnya gimana? Dia dapetnya pada saat dia mau nyuri mobil namun ternyata dia malah berada dalam sebuah operasi teroris yang sedang berlangsung. Namun, tiba-tiba ia dihampiri oleh cincin lentera hijau dan kekuatan super itu pun menjadi miliknya. 


Katanya sih, karakter ini akan memperkaya ragam dunia super hero “Tak pernah ada pria Arab-Amerika yang menjadi superhero di DC. Ia terpilik menjadi Green Lantern karena memiliki kemampuan untuk mengatasi rasa takut” ungkap Geoff Johns, penulis Green Lantern. 

Ya, hanya mengatasi rasa takut langsung menjadi pahlawan super. Mengatasi rasa takut memang sulit, namun yang gw gak suka adalah, kenapa untuk mengatasi rasa takut tersebut, seseoang harus menjadi seorang criminal dulu? Well, jujur, sebagai seorang muslim gw seneng ada muslim yang jadi superhero. Tapi kenapa ya dia harus jadi pencuri dulu? Abis itu kenapa juga pake tato. Setahu gw itu haram. Ya emang sih ini hanya sebuah cerita dan mengapresiasi umat muslim, tapi kesan muslim jahatnya agak gak enak. Hehe 

ya itu sih hanya opini gw yah. kalo gak suka ya jangan lempar gw pake petasan. ya udah, itu aja dulu. see ya 

Sumber: 
http://id.omg.yahoo.com/news/dc-comics-kenalkan-super-hero-muslim-simon-baz-053600155.html 
http://www.thegreenlanterncorps.com/forum/showthread.php?t=21410&page=3 
http://usatoday30.usatoday.com/life/comics/story/2012-09-05/Simon-Baz-Arab-American-Green-Lantern/57594766/1 

1 komentar: