Selasa, 11 September 2012

Tes Masuk CPNS Kemankertrans - Butuh Lebih Dari Sekedar Keberuntungan dan Kecerdasan

Gak perlu munafik, dalam hidup kita butuh uang. Untuk mendapatkan uang yang halal, lo butuh pekerjaan yang baik, jenjang karier yang baik atau usaha yang baik. Semuanya ada jalannya masing-masing. Dan salah satunya adalah dengan menjadi pegawai sebuah perusahaan.

Namun, tidak semua perusahaan atau bidang usaha menawarkan jenjang karier yang baik. Itulah yang membuat orang berkata “cari yang seatle” atau “cari yang jenjang karirnya bagus” dan salah satu yang menawarkan kedua hal tersebut adalah menjadi PNS dan atau BUMN.

Nah, hari Sabtu kemaren, gw mengikuti tes CPNS Kemenakertrans. Posisi yang gw lamar adalah sebagai instruktur. Ujiannya dilangsungkan di Gelanggang Olahraga Ragunan. Di Gelanggang Olahraga Ragunan itu terbagi di beberapa gedung, gw kebagian di Gedung Utama Gelanggang Olahraga Ragunan.  Dan gedung tersebut, masih terbagi lagi ke beberapa area. Gw kebagian di Area 1.

Untuk menghindari kemacetan yang pasti akan terjadi, maka gw berangkat sepagi mungkin. Namun ternyata gak semuanya sesuai rencana. Gw masih kurang tidur dan akibatnya pas di jalan gw gak konsentrasi dan bikin gw hampi nabrak mobil. Untung aja gw bawa motornya pelan. Alhamdulillah.

Karena masih pagi, perjalanan masih bisa dibilang lancar. Namun pas di jalan Harsono, Masya Allah macetnya. Jalanannya nyaris berhenti total. Kebanyakan adalah para saingan gw. Mereka menggunakan mobil (padahal dah dilarang bawa mobil) dan motor. Yang jalan sih juga banyak tapi ya gak terlalu terasa kali yah?

Pas di lokasi tes, peserta dah banyak banget yang sampe. Mana mukanya pada pinter semua,beda banget ma muka gw yang lebih cocok jadi tukang nusuk orang daripada PNS. Gw butuh lebih dari sekedar keberuntungan dan kecerdasan untuk mendapatkanj satu posisi di kementrian ini sepertinya. Apa itu? Kuasa Allah.

Suasana Ujian
Disana gw ketemu temen gw, Ari Priambudi namanya. Sama tuh ternyata di Area 1 juga. Ambillah gw posisi di sebelah dia. Lumayanlah kali-kali aja bisa nyontek. Wkwkwk… soal pun dibagikan, dan sial ternyata kode soal gw ma dia beda. Kampret. Haha.

Soal emang udah bagi, tapi ternyata gw gak bisa langsung kerjain, soalnya ada beberapa yang belum kebagian soal. Pas jam 8.10 soal baru boleh dikerjaan. Jumlah soalnya ada 200. 100 soal pertama terdiri dari Tata Negara, Undang-Undang Dasar, Undang-Undang, Bahasa Indonesia, matematika dan logika dan lain-lain. 100 soal lainnya adalah soal psikologi. Dikerjakan dari jam 8.10 – 10.40.

Ngadu nasib
Untuk bahasa Indonesia gw lumayan, Tata Nega, Undang-Undang Dasar dan Undang-Undang Insya Allah ada logikanya. Yang sial adalah kelemahan terbesar gw, matematika. Gw liat soalnya, kayaknya sederhana banget. Angkanya kecil. Tapi pas dikerjain, gw pengen muntah. Gw otak atik aja dah tuh dan tiba-tiba di toa-in

“waktu tinggal 60 menit lagi”

Gw kaget, pas gw liat jawaban gw masih dikit. Panik, akhirnya gw putusin matematikanya gw tinggal dulu. Gw ngerjain psikologinya. Psikologinya juga ternyata gak semudah yang gw kira. Psikologinya gw perhatiin ternyata memiliki kesamaan di beberapa nomor. sama makna, beda bahasa. Gilak nih yang bikin soal, pinter banget. Sampe gw salah itemin jawaban, bisa dianggap kagak konsisten.

Pas waktu sisa 30 menit, yang udah kelar diperbolehkan pulang. Ada sekitar 5 oranganlah yang cabut. Gw yakin mereka ada orang2 yang memiliki kecerdasan setingkat Yohanes Surya. Gw liat si Ari, masih sama kayak gw, masih ada yang sisa. Gw pun mengebut pekerjaan gw. Pas waktu abis, gw masih ada beberapa soal yang belom diisi. Akhirnya daripada kosong gw lebih pilih ngasal deh. Huks huks huks.

Beresin soal
Yah, intinya yang gw dapetin dari ujian ini adalah untuk mencapai cita-cita yang diimpikan emang gak mudah. Mungkin memang butuh dari sekedar keberuntungan dan kecerdasan, namun bukan berarti kita pantas berputus asa.

numpuk yah soale
Untuk itu, gw mohon doanya buat temen-temen yang baca ini, mohon doanya biar gw bisa keterima disini. Hoho. Tengkyu.

5 komentar:

  1. Amin....
    saling mendoakan ya...
    semoga sukses, kak. :)

    BalasHapus
  2. aamiin.. semoga di terima ya.. :)

    BalasHapus
  3. semoga keterima ya ...

    BalasHapus
  4. sebenarnya tuh soal matematikanya gampang kok, sedikit butuh logika. kalo masalah test psikologi itu sebenarnya ga ada jawaban salah / bener tinggal ngisi saja tp awas ada jebakan dalam satu soal ke soal selanjutnya karena itu kelanjutan / keterkaitan jd ( kl ga salah jgn sama). Tinggal doa dan sholat malam ( kalo muslim), insya allah... semoga lulus ya.. biar jadi satu pasukan :D

    BalasHapus
  5. Memang sulit untuk masuk CPNS nih ya.. min

    salam kenal

    komentarin artikel ini ya..
    timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

    BalasHapus